Sinergi Dengan PT Asabri (Persero), PTPN X Adakan Pelatihan Petani Tebu

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X sebagai Anak Perusahaan Holding Perkebunan Nusantara kembali mengadakan pelatihan untuk petani tebu di Hotel Grand Surya Kediri (21-22 Desember 2022). Pelatihan kali ini, PTPN X bekerjasama dengan PT ASABRI (Persero) sebagai bentuk sinergi BUMN. Acara dibuka secara langsung oleh Kepala Bagian Sekper dan TJSL, Aris Handoyo dan Kepala Administrasi dan Umum PT ASABRI (Persero) Surabaya Anugrah Mujito Pratama.

photo

Sebanyak 35 orang petani tebu dari sembilan pabrik gula PTPN X yang tersebar di Sidoarjo, Mojokerto, Jombang Nganjuk, Kediri dan Tulungagung akan mendapatkan materi dalam bentuk pelatihan classroom dan implementasi mekanisasi budidaya tebu dilahan HGU Jengkol. Pelatihan ini pada sesi pertama, petani tebu dibekali ilmu keagamaan oleh ustadz Wazid Mansyur mengenai perdagangan menurut syariat islam.

Pada sesi kedua petani tebu juga dibekali ilmu oleh Mahmud Bekti Nugroho  mengenai budidaya tebu, mulai dari peluang dan potensi bisnis tebu, hingga mekanisasi Tebang Muat Angkut (TMA). Para peserta juga diajak melihat secara langsung peragaan mekanisasi di lahan HGU Jengkol Kediri.

”Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sinergi BUMN, dimana wujud komitmen PTPN X dan PT ASABRI (Persero) untuk bersama-sama memajukan industri gula nasional. Harapannya, melalui pelatihan ini, petani tebu untuk bisa meningkatkan kapasitas MB dan transfer ilmu Budidaya Tebu dengan Mekanisasi agar lebih cepat dan efesien. Petani Tebu dapat meningkatkan kapasitas produksi kebun TR jelas Aris Handoyo.

Total dana sinergi BUMN dengan PT ASABRI (Persero) sejumlah Rp 10 Miliar ini digunakan untuk program pendanaan UMK petani tebu wilayah kerja PTPN X pada masa tanam 2021/2022. Sinergi dengan PT ASABRI (Persero) akan terus berkelanjutan ke depannya. (HAR_Sekper, CIN_Sekper)